FAQfrequently ask questions

  • Apakah perawatan erha aman digunakan untuk jangka waktu yang lama?

    Jelas aman, karena perawatan di erha menggunakan bahan/ zat dalam batas kadar yang aman dan tidak berbahaya bagi kulit.

  • Sampai kapan perawatan harian harus digunakan?

    Selama kita menginginkan kulit tetap sehat dan terawat. Karena untuk mempertahankannya, dibutuhkan perawatan yang teratur dan ini bukanlah suatu ketergantungan dalam perawatan, seperti halnya dengan mandi, menggosok gigi, mencuci rambut secara teratur yang juga merupakan suatu bentuk perawatan.

  • Jika kulit mengelupas, berarti kulit akan menipis. Benarkah?

    Tidaklah benar pendapat yang mengatakan bahwa dengan terjadinya pengelupasan, kulit akan bertambah tipis. Kulit yang mengelupas akan mencapai ketebalan yang normal seperti semula. Karena kulit akan ber-regenerasi secara periodik/ terus menerus.

  • Berapa lama kemerahan dan pengelupasan kulit itu terjadi?

    Terjadinya kedua proses ini tergantung dari keadaan kulit masing-masing individu, sehingga lamanya pun bervariasi. Bahkan untuk beberapa individu, bisa saja tidak terjadi kemerahan dan pengelupasan kulit.

  • Kapan pengelupasan kulit itu terjadi?

    Pada awal pemakaian dan dapat berlangsung secara periodik, dengan tujuan menjaga ketebalan kulit agar tetap normal. Selama perawatan, hal ini akan terjadi secara otomatis. Sehingga kulit akan tetap terjaga pada kondisi kelembapan normal yang cukup untuk perlindungan.

  • Mengapa kulit mengelupas?

    Sebenarnya proses pengelupasan kulit adalah proses fisiologis/ normal kulit yang terjadi setiap 3-4 minggu sekali, di mana sel kulit yang mati akan terlepas dan diganti dengan yang baru. Hanya saja proses ini tidak tampak oleh mata. Tetapi pada keadaan di mana sel kulit yang mati sangat tebal dan menumpuk akibat penuaan dini dan hal lain, maka pengelupasan akan jelas terlihat karena banyaknya sel kulit mati yang harus dibuang. Tujuannya agar kondisi kulit dikembalikan ke ketebalan semula. Sebab penumpukan sel kulit mati yang berlebihan ini akan menyebabkan kulit wajah tampak kusam dan kering. Perawatan dalam Personal Rejuvenation Program dapat menyebabkan kulit menjadi agak kemerahan dan mengelupas.

  • Mengapa terjadi kemerahan?

    Kemerahan terjadi karena adanya proses pembentukan pembuluh darah baru/ neovaskularisasi. Pembuluh-pembuluh darah yang terbentuk nantinya akan mengangkut nutrisi/ zat makanan bagi sel-sel kulit guna mendapatkan kulit yang sehat. Tanda-tanda kulit sehat adalah : Kulit tampak segar, bersih, bercahaya, lembap, kenyal, dan juga berwarna merah muda (rose pink).

  • Bila dihentikan, apakah kulit wajah menjadi “lebih buruk” dari sebelumnya?

    Pada saat krim/ obat dihentikan, kulit akan berangsur–angsur kembali ke “pola asli” –nya (tergantung jenis kulit masing-masing). Oleh karena itu keadaan kulit tidak akan sama baiknya dibandingkan pada saat dirawat. Jadi kami sarankan untuk tetap melanjutkan perawatan.

  • Apakah obat erha menyebabkan “ketergantungan”?

    Krim/ obat yang ada akan memberikan hasil yang diinginkan selama krim/ obat tersebut masih dipakai. Bila dihentikan penggunaannya, maka kulit akan kembali ke “pola asli” kulit tersebut. Misalnya bila Anda mempunyai kulit berminyak dan cenderung berjerawat, maka akan kembali ke pola tersebut. Dengan demikian, krim/ obat tersebut tidak menyebabkan “ketergantungan”, tetapi memang layaknya proses pemeliharaan, kita harus tetap teratur menggunakannya bila kita tetap ingin mempertahankan kondisi kulit yang sudah baik.

  • Apakah perawatan erha aman digunakan selama kehamilan dan menyusui ?

    Aman, karena perawatan topikal tidak memberikan efek berbahaya bagi ibu hamil, janin dan bayi yang mendapatkan ASI dari ibu yang menggunakan perawatan erha. Untuk penjelasan lebih lanjut, silahkan berkonsultasi dengan dermatologist kami.

Dunia digital saat ini memudahkan akses informasi, salah satunya terkait tips perawatan kulit. Tidak hanya tenaga medis profesional yang menuliskan, tetapi juga beauty enthusiast menuliskan tips perawatan kulit yang bervariasi. Dari manapun sumbernya, yang paling penting adalah mengenali kondisi kulit terlebih dahulu. Tips perawatan kulit dapat sesuai untuk kulit tertentu atau bahkan menimbulkan reaksi yang tidak diinginkan pada jenis kulit lain. Apapun tips perawatan kulit dan review produk, treatment atau perawatan kulit, ketika akan mencoba, pastikan kondisi kulit memang sesuai.

Tips Perawatan Kulit

Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit bagi wanita maupun pria memang sudah menjadi keharusan. Tidak hanya berdampak positif bagi kecantikan saja, tetapi kulit wajah yang terawat pun mencerminkan aura positif yang terdapat di dalam diri dan dapat menambah kepercayaan diri Anda. Untuk menjaga agar kulit tetap bersih dan sehat sebenarnya tidak susah dan mahal, karena Anda pun bisa melakukan rutinitas tertentu di rumah dengan tips perawatan kulit yang tepat.

Inilah Cara Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Kulit Wajah
Ada sejumlah rutinitas yang bisa Anda coba untuk menjaga agar kulit wajah tetap bersih, sehat, dan terawat, di antaranya sebagai berikut:

1) Membersihkan Kulit Wajah

Untuk menjaga kulit wajah, yang pertama ialah dengan membersihkan kulit dari debu dan kotoran secara rutin. Maka dari itu, sebaiknya bersihkan kulit wajah Anda dengan air hangat minimal dua kali sehari, pada pagi hari dan malam menjelang tidur. Hapus sisa riasan di wajah pada malam hari lebih dahulu dengan menggunakan pembersih make up (make up remover), sebaiknya pilih pembersih wajah tanpa kandungan pewangi dan pastikan mengandung bahan-bahan alami.

Lakukan perawatan wajah sebagai salah satu rutinitas harian Anda. Jika Anda mempunyai masalah kulit, seperti bekas luka atau jerawat yang semakin parah, alangkah baiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Dalam mengatasi permasalahan kulit tersebut, dokter biasa memberikan penanganan secara rutin dengan prosedur perawatan yang tepat.

2) Aplikasikan Pelembap

Menggunakan pelembap adalah bagian terpenting untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit. Sebaiknya gunakan pelembap sesudah Anda membersihkan wajah. Hal tersebut bertujuan agar kelembapan alami pada kulit wajah Anda tetap terjaga. Tapi pastikan untuk memilih pelembap yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jadi, jika kulit wajah Anda berminyak dan berjerawat, sebaiknya pilihlah produk pelembap yang water based serta bersifat noncomedogenic dan nonacnegenic. Sedangkan jika kulit Anda kering, Anda bisa

menggunakan pelembap yang oil based untuk menyeimbangkan dan mempertahankan kelembapan kulit lebih lama.

Biasanya produk pelembap wajah mengandung berbagai macam bahan yang berguna untuk mengembalikan kelembapan alami dan struktur kulit, meminimalisir dampak radikal bebas, memperbaiki kerusakan pada sel-sel kulit, serta tetap mempertahankan keseimbangan pH kulit. Adapun bahan yang cukup efektif melembapkan kulit wajah, di antaranya ceramide, niacinamide, dan gliserol.

3) Gunakan Tabir Surya

Tips perawatan kulit lainnya ialah dengan menggunakan tabir surya yang berguna melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan perubahan pada warna kulit sekaligus kanker kulit, serta memicu timbulnya flek atau bintik hitam di wajah dan keriput.
Ketika memakai tabir surya, disarankan untuk memilih minimal SPF 30, dan Anda bisa mengaplikasikannya setiap hari walaupun saat cuaca tidak panas. Pemakaian tabir surya harus lebih sering diaplikasikan saat beraktivitas di luar rumah atau tiap dua jam sekali.

Selain memakai tabir surya, pastikan Anda memakai pakaian yang berlengan panjang, kacamata hitam, topi lebar, dan celana panjang ketika beraktivitas di bawah terik sinar matahari. Hindari pula paparan sinar matahari secara langsung ke kulit di jam 10 pagi sampai jam 4 sore.

4) Menjalankan Pola Hidup Sehat

Melakukan perawatan kulit wajah sebenarnya tidak hanya dengan memakai produk-produk perawatan wajah semata tetapi juga harus diimbangi dengan menjalankan gaya hidup sehat. Adapun caranya yaitu dengan mengonsumsi makanan bernutrisi dan bergizi seimbang, membatasi asupan makanan berlemak, kelola stress, istirahat dengan cukup, berolahraga rutin, memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh, serta hindari rokok dan alkohol.
Setiap perawatan tentu memerlukan usaha dan waktu yang tidak sebentar. Anda juga harus konsisten agar mendapatkan hasil yang optimal. Tips perawatan kulit yang satu ini, penting sekali dilakukan.

5) Rajin Berolahraga

Berolahraga tidak hanya memberikan sejumlah manfaat besar bagi kesehatan tubuh saja, tetapi juga berguna bagi kesehatan kulit. Saat seseorang berolahraga, maka tubuh pun mengeluarkan sisa kotoran yang terkunci dan mengendap di pori-pori kulit melalui keringat.
Di samping itu, dengan melakukan olahraga secara rutin akan membuat tubuh lebih bugar dan sehat. Lakukan olahraga secara rutin mulai dari yang ringan, seperti berjalan santai, jogging, atau bersepeda.
Olahraga juga bisa membantu agar tubuh tetap rileks. Stress adalah faktor utama pemicu masalah kulit kusam. Hal tersebut dikarenakan saat seseorang mengalami stress, maka aliran darah ke wajah pun menjadi berkurang. Inilah yang membuat kulit wajah Anda menjadi kusam. Dengan berolahraga, Anda bisa mengelola stress Anda dengan baik.

6) Buat Masker Alami

Tidak hanya menjalankan gaya hidup sehat saja, tetapi melakukan perawatan kulit wajah menggunakan bahan alami pun dapat dilakukan, misalnya dengan memanfaatkan buah pepaya atau putih telur untuk dijadikan sebagai masker wajah.
Paling mudah untuk membuat masker alami ialah dari putih telur. Anda hanya perlu mengambil putih telur. Sesudah itu, oleskan secara merata ke seluruh permukaan kulit wajah. Lalu tunggu sampai kering dan bilas dengan air hangat. Putih telur dapat memberikan beberapa manfaat, seperti mengencangkan kulit, mengangkat sel kulit mati, menyerap kelebihan minyak pada wajah, dan mencegah munculnya jerawat.
Di samping itu, Anda juga bisa melakukan tips perawatan kulit dengan membuat masker dari campuran nanas dan pepaya. Caranya ialah campurkan 1 sdm jus nanas dengan ¼ cangkir papaya yang sudah dihaluskan. Setelah tercampur secara merata, Anda tinggal mengoleskannya saja ke kulit wajah selama 20 menit. Lalu bilas menggunakan air bersih. Kandungan papaya dan nanas dapat membantu mencerahkan kulit, melembapkan dan menutrisi kulit, serta menghaluskan kulit.

7) Melakukan Eksfoliasi

Salah satu pemicu kulit kusam ialah sel-sel kulit mati yang menumpuk dan terakumulasi di dalam jaringan kulit wajah. Anda bisa mengangkat sel-sel kulit mati tersebut dengan menggunakan metode eksfoliasi. Selain itu, Anda bisa mengeksfoliasi kulit di rumah sendiri.
Cara pertama ialah dengan memanfaatkan bubuk kopi. Adapun untuk membuat bahan eksfoliasi kulit ialah dengan mencampurkan ½ cangkir kopi ke dalam 1 cangkir gula merah, 2 sdt susu, dan 1 sdm madu. Lalu campurkan secara merata, kemudian oleskan perlahan ke permukaan wajah dan gosok perlahan. Kemudian bilas dengan air.
Cara lain yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menggunakan produk perawatan yang mengandung scrub ataupun home peeling cream. Pastikan Anda memilih scrub yang halus sehingga kulit terhindar dari iritasi. Sedangkan dalam memilih home peeling cream, perhatikan bahan yang terkandung di dalamnya agar tidak menimbulkan kerusakan pada tekstur kulit. Ada baiknya Anda menggunakan balancing toner setelah penggunaan produk demi menjaga keseimbangan pH kulit.
Anda bisa melakukan metode eksfoliasi ini sekitar 2-3 kali dalam seminggu. Eksfoliasi menawarkan banyak manfaat di antaranya dapat mengangkat sel-sel kulit mati, mencerahkan kulit, dan mencegah tersumbatnya pori-pori dalam kulit.

8) Perhatikan Waktu Istirahat Anda

Cara lainnya untuk merawat wajah supaya tidak kusam ialah dengan memperhatikan waktu atau jam istirahat Anda. Pastikan tidur sekitar 7-8 jam setiap harinya. Tidur yang cukup bisa membantu proses regenerasi kulit lebih optimal.
Biasanya pertumbuhan sel kulit baru lebih banyak terjadi di jam tidur biologis. Jam tidur yang tidak teratur atau bahkan kurang tidur, akan meningkatkan hormon kortisol yang akan berpengaruh buruk pada regenerasi sel kulit, sehingga menyebabkan kulit terlihat kusam dan tampak tua. Peningkatan hormon kortisol ini juga akan merusak kulit dan meyebabkan peradangan pada kulit yang berjerawat. Istirahat yang cukup bisa membantu menyehatkan kulit wajah Anda. Maka dari itu, imbangi semua perawatan kulit di atas dengan tidur yang cukup dan teratur agar kesehatan kulit dan tubuh tetap terjaga.
Dengan tips perawatan kulit di atas, tentu bisa diambil kesimpulan bahwa perawatan kulit tidak sekedar tentang produk-produk skincare semata atau perawatan di klinik kecantikan saja. Anda juga bisa mengikuti program perawatan kulit di rumah dengan mengubah kebiasaan Anda menjadi aktivitas yang menyehatkan, seperti berolahraga dan menjaga agar tubuh tetap fit.

APPOINTMENT

WHATSAPP

BUY PRESCRIPTION &
NON-PRESCRIPTION PRODUCTS