inspirational diary


Healthy is Wealthy

28 November 2014

Rein Adrian
Praktisi Perbankan

Banyak yang bisa dilakukan untuk memperoleh tubuh yang fit. Namun bagi Rein Adrian, sehat itu mencakup keseluruhan raga, pikiran, dan jiwa.  

Praktisi perbankan ini begitu peduli pada kesehatan. Tak sekadar mempraktikkan konsep healthy living dalam kehidupan sehari-hari, ia pun secara rutin mengistirahatkan pikiran sejenak dari kesibukan dan beban pekerjaan dengan berwisata. Baginya, perjalanan ke luar kota maupun ke luar negeri mampu memberikan instant refreshment, sehingga ia pun semakin bersemangat dalam menjalani hari-harinya saat kembali ke tempat kerja.

Apa yang biasa Anda lakukan untuk menjaga agar tubuh selalu fit?

Bagi saya, hidup itu harus seimbang. Saya rutin melakukan aerobik setidaknya tiga kali dalam seminggu. Meski sibuk dengan pekerjaan, saya selalu memiliki komitmen untuk berolahraga agar tubuh fit. Selain itu, saya juga berusaha menjaga pola makan, dengan mengonsumsi banyak ikan, sayuran, dan buah-buahan, serta menghindari makanan yang berlemak. Istirahat juga jangan sampai dilupakan untuk merevitalisasi tubuh. Saya lebih mengutamakan tidur yang berkualitas agar selalu bersemangat keesokan harinya. Dan yang tak kalah penting: relaksasi.

Karena kita cenderung ‘tergoda’ untuk merasa malas dan tak disiplin, bagaimana kiat agar kita terus termotivasi untuk hidup sehat?

Kedisiplinan itu datang dari diri sendiri. Jika kita telah menentukan target yang akan dicapai, maka kita akan berusaha untuk mendapatkannya. Terus mengingat hasil akhir yang ingin diraih itu dengan sendirinya memotivasi saya selalu disiplin dalam menjaga kesehatan. Selain itu, penting juga untuk mengatur waktu dengan sebaik-baiknya agar semua hal yang harus dilakukan dapat terlaksana.

Apakah kesehatan kulit juga menjadi prioritas Anda?

Dulu, saya memiliki masalah jerawat pada wajah. Kemudian beberapa tahun lalu saya mendapat rekomendasi dari seorang rekan kerja.  Saya melihat perubahan pada kondisi wajahnya yang kian hari kian membaik setelah dia menjalani perawatan di erhaclinic. Akhirnya, saya datang ke erhaclinic dan displin dalam menjalani pengobatan. Masalah jerawat pun teratasi dan hingga kini kulit wajah saya senantiasa sehat dan bersih dari jerawat.

Benarkah berwisata juga merupakan salah satu resep Anda untuk tetap sehat?

Saya gemar sekali traveling sejak beberapa tahun silam. Semua berawal dari kesukaan saya menjajal kuliner di kota-kota yang tak terlalu jauh dari tempat tinggal saya di Jakarta, seperti Bandung, Solo, dan Yogyakarta. Mencicipi makanan lokal di tempat aslinya merupakan sebuah pengalaman yang berbeda karena ditunjang oleh rasa dan suasana yang khas. Sampai saat ini saya telah menjelajahi banyak tempat di Tanah Air hingga ke mancanegara untuk berwisata.  Saat pergi berlibur, saya berusaha untuk tidak memikirkan urusan pekerjaan, bahkan kerap saya sengaja mematikan ponsel, karena bagi saya, liburan berarti menikmati waktu pribadi bagi diri sendiri sekaligus waktu untuk relaksasi. Saya merasa refreshed setiap kali kembali dari  perjalanan wisata, sehingga kembali bersemangat melakukan aktivitas sehari-hari. Saya tak sabar untuk kembali jalan-jalan pada liburan akhir tahun nanti.

Penulis: Witri Wijanarko | Foto: Jekylim Liem