Skincare menjadi salah satu kebutuhan harian setiap orang. Skincare tidak lagi menjadi kebutuhan kaum wanita saja, tetapi juga pria. Memahami dan menganalisa kondisi kulit secara tepat menjadi wajib dan penting dalam memilih skincare yang tepat. Makin banyaknya pilihan skincare, apalagi yang dijual bebas, mendorong orang untuk mencoba berbagai skincare yang sedang trend saat ini. Penggunaan skincare yang tidak tepat dapat menimbulkan gangguan kulit yang bahkan mungkin lebih sulit ditangani. Pastikan juga memilih skincare yang aman dan teregistrasi di Badan POM Indonesia.

Hal Penting dalam Memilih dan Memakai Skincare

Skincare menurut bahasa Inggris ialah perawatan kulit. Biasanya istilah perawatan kulit ini dikenal lebih spesifik sebagai perawatan kulit wajah. Untuk merawat kulit wajah, bisa menggunakan serangkaian produk yang bermanfaat untuk membersihkan dan menutrisi kulit, sehingga kulit senantiasa sehat dan terbebas dari permasalahan kulit, seperti komedo, jerawat,pigmentasi dan lain sebagainya.

Dampak Memakai Produk Perawatan Kulit yang Salah Pemakaian produk perawatan kulit yang tidak tepat, pastinya akan memberikan efek negatif pada kulit wajah, jadi bukannya menjadikan kulit lebih baik, justru kulit semakin bermasalah. Karena itu, sebaiknya sebelum memutuskan untuk menggunakan produk perawatan tertentu, Anda harus mencari informasi lebih banyak terlebih dahulu, tentunya dari sumber-sumber terpercaya. Selain itu, setiap jenis kulit tentu memiliki penanganan yang berbeda-beda.

Tidak sedikit laki-laki maupun wanita yang mengalami masalah kulit akibat salah memakai produk perawatan kulit yang tidak sesuai dengan jenis kulitnya. Jenis-jenis kulit itu sendiri ada yang normal, berminyak, kering, sensitif, dan lain sebagainya. Jadi memang harus benar-benar tepat memilih produk perawatan untuk mencegah munculnya permasalahan kulit. Selain jenis kulit yang berbeda-beda, kondisi kulit seseorang juga tidak sama. Pada sebagian orang, kondisi kulit bisa jadi sangat sensitif dan cenderung mudah kemerahan, namun sebagian lainya, memiliki kondisi kulit yang normal, yang memiliki ketahanan terhadap penggunaan berbagai produk perawatan kulit.

Jadi, sebelum memutuskan menggunakan produk perawatan tertentu, ketahui dulu beberapa hal yang paling mendasar. Bagi para pemula, ada baiknya untuk mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini sebelum Anda memakai produk tertentu.

Kiat sebelum Menggunakan Produk Skincare
Berikut hal-hal yang harus diperhatikan sebelum Anda memakai produk perawatan wajah, di antaranya:

1) Ketahui Jenis Kulit Wajah

Mengenali jenis kulit ialah hal terpenting sebelum memutuskan untuk menggunakan produk perawatan kulit apapun. Ketahui jenis kulit yang Anda miliki, apakah sering berminyak, tergolong kulit kering, kulit sensitif atau bahkan kulit kombinasi karena setiap jenis kulit akan berbeda juga cara penanganannya.

Sebelum mengenali jenis kulit wajah Anda, sebaiknya kenali beberapa ciri yang bisa Anda lihat dan rasakan di kulit wajah. Setiap jenis kulit wajah mempunyai ciri berbeda, seperti misalnya pada orang dengan kulit berminyak, maka biasanya akan memiliki pori-pori yang besar, wajah tampak mengkilap, mudah berkomedo, dan berjerawat. Sebaliknya, orang dengan kulit kering memiliki pori-pori yang kecil, kulit bila diraba terasa kasar, sering mengelupas, dan lain sebagainya. Jadi, jangan sampai melakukan kesalahan sampai akhirnya timbul penyesalan karena pemilihan produk perawatan yang salah dan tidak sesuai.

2) Tujuan Menggunakan Produk Perawatan Wajah

Pertama, pastikan tujuan Anda menggunakan produk perawatan wajah, apakah untuk kebutuhan atau hanya untuk mengikuti trend saja. Bagi Anda yang masih melakukan perawatan hanya untuk mengikuti trend, Anda harus memahami bahwa setiap kulit memiliki kebutuhan yang berbeda. Seperti halnya tubuh yang membutuhkan nutrisi, merawat kulit wajah memang menjadi keharusan setiap orang. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda tetap memilih produk perawatan yang bisa menjawab kebutuhan kulit Anda. Jadi, jangan terpengaruh oleh produk yang digunakan oleh teman Anda, sebab bisa jadi perawatan tersebut tidak sesuai dengan jenis kulit Anda.

3) Kenali Jenis-Jenis Produk Perawatan Wajah

Anda juga harus mengetahui jenis-jenis produk skincare sebelum Anda menggunakannya. Pemakaian produk perawatan ini biasanya dilakukan secara bertahap, bisa dimulai dari tahap awal, kemudian ke tahap berikutnya. Apabila Anda baru memakai produk perawatan kulit ini, sebaiknya pakai jenis produk perawatan kulit untuk pemula. Jadi jangan sampai salah memakai produk perawatan untuk tahapan selanjutnya. Mengingat setiap tahapan produk ini mengandung bahan-bahan yang berbeda. Inilah pentingnya mengetahui kandungan yang terdapat pada produk tersebut sebelum menggunakannya.

4) Mencari Ulasan Produk Perawatan Kulit Wajah

Mencari tahu ulasan atau review produk perawatan wajah yang akan digunakan. Pastikan orang yang mengulas produk tersebut mempunyai jenis kulit wajah yang sama seperti jenis kulit Anda. Sebab jika ternyata berbeda, maka hasilnya pun akan berbeda. Melihat testimoni pengguna sebelumnya penting sekali, jangan langsung tergiur oleh iming-iming dahsyatnya produk perawatan wajah.

Untuk mendapatkan review produk terpercaya, bahkan kini Anda bisa melihat ulasan pemakaian produk perawatan wajah dari para Youtuber terkenal sesuai pendapat mereka. Ulasan mereka bisa dijadikan sebagai bahan referensi Anda. Namun, jadilah reviewer yang pintar karena Anda yang paling mengetahui jenis dan kondisi kulit Anda, jadi pilihlah secara bijak. Jika salah memilih produk perawatan, maka hal itu bisa memberikan dampak yang cukup berbahaya.

5) Sesuaikan dengan Anggaran Anda

Sering dijumpai produk-produk skincare dengan harga yang fantastis. Bagi Anda yang baru mencobanya, sebaiknya belilah produk perawatan sesuai kondisi finansial Anda, dengan melihat kandungan dan testimoni pelanggan sebelumnya. Jadi, jangan memaksakan diri untuk membeli produk perawatan yang harganya mahal sehingga terkesan memaksakan. Selain itu, produk perawatan yang mahal belum tentu menjamin akan cocok dan sesuai dengan kebutuhan kulit masing-masing individu.

Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa memakai produk perawatan kulit memerlukan komitmen untuk terus merawat kulit demi menjaga kondisi kulit dalam keadaan yang terbaik. Maka dari itu, pastikan untuk membeli produk perawatan sesuai kondisi keuangan. Sebagai solusinya, lebih cermatlah dalam menggunakan produk perawatan wajah yang akan digunakan.

6) Memakai Produk Perawatan Kulit Wajah di Klinik Kecantikan

Anda juga bisa memilih memakai produk perawatan kulit yang direkomendasikan klinik kecantikan. Namun, pastikan bahwa klinik tersebut memang sudah memiliki kredibilitas dan kepercayaan dari para pasiennya. Selain itu, pastikan pula tenaga ahli berkompeten dan berpengalaman, seperti dokter spesialis kulit dan ahli kulit yang ada di klinik tersebut memeriksa kondisi kulit Anda terlebih dahulu agar mengetahui jenis perawatan yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulit Anda. Sebab saat ini banyak klinik kecantikan tertentu yang hanya menawarkan produk saja, tanpa diperiksa oleh tenaga ahli terlebih dahulu.

Selain itu, Anda juga harus tahu bahwa perawatan kulit di klinik kecantikan membutuhkan biaya yang cukup mahal. Jadi, walaupun perawatan kecantikan di klinik kecantikan memberikan hasil yang optimal, sebaiknya tetap sesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Mengingat hasil yang maksimal tidak terlepas pada penggunaan skincare yang terus menerus dalam jangka panjang.

Lalu, Apa Saja Produk Perawatan Kulit Wajah yang Biasa Dipakai Pemula?

Bagi pemula, ada beberapa produk perawatan wajah yang biasa dipakai, sebagai berikut:

1. Pembersih Wajah atau Cleansing

Untuk membersihkan kulit wajah, tentu Anda memerlukan pembersih wajah yang sesuai dimana produk-produk pembersih wajah sendiri sangat bervariasi, mulai dari produk facial wash, facial gel, facial foam, dan lain sebagainya. Biasanya, pembersih wajah tersebut harus dibilas terlebih dahulu menggunakan air bersih. Aplikasikan pembersih wajah setidaknya dua kali sehari, untuk membuat kulit wajah terbebas dari kotoran dan debu yang menempel saat beraktivitas.

2. Pelembab atau Moisturizer

Biasanya pelembab atau moisturizer berbentuk krim yang bisa digunakan langsung di kulit wajah sesudah Anda membersihkannya. Pemilihan moisturizer itu sendiri bisa disesuaikan berdasarkan jenis kulit. Bagi pemilik kulit kering, tentu Anda sangat memerlukan produk pelembab, tapi sebaiknya pilih pelembab oil based atau creamy, sementara bagi kulit wajah berminyak, Anda dapat menggunakan pelembab gel based supaya kulit Anda tetap terhidrasi dengan baik.

3. Tabir Surya atau Sunscreen

Banyak orang yang melewatkan tahapan ini. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa sinar UV dari matahari merupakan salah satu penyebab utama kerusakan kulit? Paparan sinar matahari secara berlebih dapat menyebabkan terjadinya premature aging (penuaan dini) dan timbulnya masalah pigmentasi pada kulit.

Saat ini banyak sekali produk tabir surya yang dijual bebas di pasaran. Namun, pilihlah produk tabir surya dengan kandungan SPF (Sun Protection Factor) minimal SPF30. Aplikasikan 30 menit sebelum mulai beraktivitas dan bila perlu ulangi pemakaian setiap 2-3 jam, terutama bagi Anda yang beraktivitas di luar ruangan.

Itulah pembahasan lengkap tentang skincare dan hal-hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memakai produk perawatan wajah, khususnya bagi pemula. Dengan pembahasan artikel di atas, semoga memberikan Anda kemudahan dan referensi mengenai produk perawatan wajah yang tepat, serta sesuai dengan jenis dan kondisi kulit Anda, sehingga dapat memberikan hasil yang maksimal dan kulit senantiasa sehat.

APPOINTMENT

WHATSAPP

BUY PRESCRIPTION &
NON-PRESCRIPTION PRODUCTS